Cara Memperbaiki Windows yang Gagal Booting

Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara memperbaiki Windows gagal booting, silakan baca uraian berikut ini. Bagi Anda yang menggunakan Windows 7 dan mengalami gagal booting, coba dan praktekkan langkah-langkah berikut ini. Indikasi terjadinya gagal booting untuk Windows 7 Anda yaitu munculnya Black Screen atau layar yang tampak hitam disertai dengan logo Windows 7. Tampilan tersebut akan bertahan lama dan proses masuk ke Windows tidak akan segera berlangsung. Anda hanya akan menemukan tampilan tersebut tanpa ada perubahan sama sekali, hal tersebutlah yang disebut dengan gagal booting.

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab kenapa booting yang Anda lakukan tersebut gagal. Namun umumnya disebabkan oleh adanya crash pada program atau terjadinya bentrok yang membuat system registry Windows terkunci. Selain itu, gagal booting juga dapat disebabkan oleh serangan virus yang sudah menyebar ke sistem komputer Anda. Jika Startup Repair gagal, maka sumber penyebabnya yaitu kerusakan data yang ada di dalam root direktori. Cara memperbaiki Windows gagal booting yang dapat Anda coba yaitu dengan menggunakan Startup Repair.

Startup Repair merupakan salah satu sistem yang dapat digunakan untuk recovery yang dibuat oleh Microsoft. Fungsinya yaitu dapat memperbaiki error yang ada di Windows dengan cara mengganti file OS yang rusak atau bahkan hilang. Untuk langkah-langkahnya, simak pembahasan berikut:

Cara memperbaiki Windows gagal booting

1 ) Siapkan flashdisk

cara-memperbaiki-windows-gagal-booting-3

Sebelum melakukan cara memperbaiki Windows yang booting gagal, pastikan ada flashdisk atau hardisk eksternal yang menancap di komputer Anda.

2 ) Matikan komputer

turn off computer

Langkah berikutnya yaitu matikan komputer Anda lalu hidupkan kembali atau langsung saja tekan tombol restart. Sebelum komputer menyala, lanjutkan dengan menekan tombol F8 sampai Anda masuk ke BIOS untuk mengubah pengaturannya. Jika ada belum berhasil masuk ke BIOS, maka lakukan restart kembali dan tekan tombol F8 sampai berhasil. Jika sudah berhasil masuk ke BIOS, lanjutkan dengan mengubah First boot ke DVD lalu simpan.

3 ) Tekan sembarang tombol

cara-memperbaiki-windows-gagal-booting-4

Jika Anda sudah selesai melakukan cara memperbaiki Windows gagal booting diatas, maka pada tahap selanjutnya Anda akan menemukan perintah “press any key to boot from c dor dvd”. Untuk melanjutkan prosesnya, silakan tekan tombol sembarang.

4 ) Atur tanggal

Lanjutkan dengan mengatur tanggal dan juga bahasa sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Lanjutkan pula dengan menekan tombol “Repair Tour computer” lalu tunggu proses yang berlangsung.

5 ) Pilih Use Recovery Tools

cara-memperbaiki-windows-gagal-booting-5

Selanjutnya masuk ke System Recovery Tools dan pilih Use Recovery Tools, lanjutkan dengan memilih Next dan centang opsi “Start Repair”.

Jika Anda sudah selesai melakukan cara memperbaiki Windows yang gagal booting tersebut maka tunggu sampai prosesnya selesai. Jika sudah selesai, maka Anda dapat mematikan komputer Anda dan menghidupkannya kembali. Komputer Anda akan kembali normal dan Anda dapat masuk ke Windows atau booting yang Anda lakukan sukses. Jika masih gagal, coba lakukan kembali cara ini karena mungkin saja ada langkah yang Anda lewati. Pastikan untuk melakukannya sesuai urutan dan jangan sampai ada yang terlewati. Demikian tips yang dapat dibagikan mengenai tips cara memperbaiki Windows gagal booting.

Deskripsi: Cara memperbaiki Windows gagal booting sebenarnya tidak sulit dilakukan. Perbaikannya dapat dilakukan dengan menggunakan Startup Repair yang disediakan oleh Windows.